1. Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?
Setiap pemimpin mempunyai cara pandang dan gaya kepemimpinan yang berbeda. Ada yang benar-benar menerapkan jiwa kepemimpinan ada pula yang hanya sebatas menyelesaikan tugas saja. Kemampuan menjadi manager dalam sekolah sangat menentukan arah dan tujuan sekolah, yang tidak hanya berpatokan keadaan financial, tetapi kemampuan memenage, administrasi, pengembangan semua ekosistem sekolah (Siswa, Tata Usaha, Cleaning Service, Satpam, dan Guru). Ekosistem ini digerakkan melalui visi dan misi sekolah yang telah disusun dan disepakati bersama.
2. Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
Pemimpin yang ideal harus mampu membimbing serta membuat bawahannya berkembang. Pemimpin harus mampu menjadi teladan dengan memberikan contoh-contoh yang baik kepada mereka. Oleh karena itu, tidak semua atasan mampu memimpin dan memiliki sifat kepemimpinan.
3. Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.
Faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah meliputi faktor biotik dan abiotik yang berarti hubungan antar manusia dengan lingkungannya. Hubungan murid dan guru, murid dan murid juga hubungan antara murid dengan sarana sekolah. Jika sarana dan prasarana dirawat dengan baik oleh pihak sekolah dan dipakai dengan hati-hati oleh guru dan murid akan berdampak pada keseimbangan ekosistem sekolah. Faktor pembuangan limbah/sampah di fasilitas sekolah juga dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem sekolah.
4. Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
Peran seorang pemimpin adalah mensosialisasikan, menjaga, dan menggerakkan. Sumber daya yang dimiliki sekolah meliputi : Visi misi sekolah, Kurikulum, Program kerja sekolah, keuangan, Kualitas guru, Kualitas peserta didik, Kepemimpinan, Sarana, Prasarana pendidikan dan media belajar, Penataan lingkungan sekolah, serta Lokasi strategis sekolah
5. Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Posisi saya dalam ekosistem sekolah adalah melibatkan diri secara aktif dalam setiap kegiatan sekolah, mengembangkan potensi murid dengan berbagai kegiatan-kegiatan menjadi prioritas, mengajak rekan-rekan guru untuk ikut dalam mengembangkan kompetensi, mengembangkan beberapa sumber daya yang belum terlaksana dengan baik.
Kekuatan yang saya miliki adalah mampu menggunakan sumber daya secara optimal untuk mengembangkan potensi murid dan mampu memunculkan ide-ide pengadaan dan pemanfaatan sumber daya. Kelemahan yang saya miliki adalah dalam menggerakkan organisasi sekolah dalam pemanfaatan sumber daya, belum bisa bergerak secara sinergi dengan semua komponen, karena tiap idividu memiliki arah, kecepatan, dan momentum yang berbeda-beda.
6. Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini? Diri sendiri: Murid: Sekolah:
- Mengidentifikasi dan mendapatkan sumber daya dari berbagai sumber yang sah untuk menjalankan program sekolah
- Menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
- Menggerakkan seluruh ekosistem sekolah agar terwujud profil pelajar pancasila
Untuk Murid adalah : Mereka dapat belajar dengan tenang, tentram dan aktif, dapat meningkatkan kedisiplinan, dapat mengeksplore diri mereka sendiri sehingga kualitas belajar mereka meningkat.
Untuk Guru adalah : mampu meningkat profesionalitas dalam melaksanakan Proses belajar mengajar, dapat meningkatkan pengalaman belajar, memahami konsep guru yang sesungguhnya.
7. Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Dari modul ini, kegiatan, materi, dan manfaat yang saya harapkan adalah kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan Sumber Daya yang ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kemampuan menggerakkan semua sumber agar cita-cita dan tujuan sekolah dapat tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar